Minggu, 15 Maret 2015

Para Penemu Yang Mnegubah Dunia

Benda-benda atau teknologi canggih yang di ciptakan adalah alat yang sangat di butuhkan oleh manusia untuk mempermudah segala pekerjaan dan keperluannya. Alat-alat canggih ini bisa di gunakan untuk berkomunikasi jarak jauh, sebagai transportasi untuk berpegian maupun pemberi dan penyedia informasi. Sebagai contoh sebelum adanya telepon atau HP (Handphone), manusia menggunakan surat maupun telegram untuk berkomunikasi jarak jauh dan pada zaman dahulu manusia menggunakan hewan untuk berpergian, namun sekarang sudah adanya transportasi darat seperti mobil, transportasi laut seperti kapal ferry maupun kapal pesiar, dan transportasi udara seperti pesawat terbang serta alat pemberi maupun penyedia informasi seperti televisi, radio dan internet yang kesemuanya merupakan alat-alat dan benda-benda canggih yang sangat di butuhkan oleh kita. Semua alat dan benda canggih tersebut merupakan hasil proses berpikir seseorang yang bertekad untuk mengubah dunia dan sudah sepatutnya kita mengetahui sebagai tanda apresiasi bagi para penemu tersebut.

Disini penulis akan memberikan informasi mengenai para penemu beserta benda maupun alat yang di ciptakannya yang mengubah dunia dan benda maupun alat canggihb tersebut sekarang dapat memberikan kemudahan serta manfaat bagi orang banyak.

1. Orville dan Wilbur (Wright brothers)

Orville dan Wilbur atau biasanya di kenal sebagai wright bersaudara merupakan penemu pesawat terbang. Wright bersaudara merupakan dua dari tujuh bersaudara, mereka sempat di keluarkan dari sekolah. Ayah mereka membelikan helikopter mainan untuk mereka. Mainan tersebut di buat dari bambu dan karet sehingga baling-balingnya bisa di putar, lalu mereka sering memainkan mainannya tersebut hingga rusak lalu mereka berinisiatif untuk membuat mainan seperti itu sendiri. Dari mainan helikopter tersebut membuat mereka tertarik dengan benda yang bisa terbang. 

Mereka adalah orang Amerika yang namanya tercatat sebagai penemu mesin pesawat terbang. Mereka adalah orang pertama yang membuat dan memperkenalkan pesawat terbang kepada khalayak umum, Pesawat yang mereka buat berhasil di terbangkan dan di kendalikan oleh manusia pada tanggal 17 Desember 1903. Pesawat terbang tersebut dapat di kendalikan dengan kontrol tiga sumbu yang telah di gunakan oleh pesawat terbang yang ada sekarang. Mereka mendapatkan kemampuan mekanik dari usaha toko mereka yang penuh dengan motor, sepeda dan mesin cetak lainnya. Pada awalnya mereka terinspirasi membuat pesawat terbang karena melihat burung yang dapat terbang dengan sayap dan dari sepeda yang memunculkan gagasan bahwa sepeda tersebut bisa di jadikan sebagai unsur pembuatan pesawat dan pesawat yang tidak stabil bisa di kendalikan dengan latihan

2. Alexander Graham Bell

Alexander Graham Bell adalah orang pertama yang menemukan alat komunikasi jarak jauh atau biasa kita sebut telephone. Alexander Graham Bell adalah pria yang lahir pada tanggal 3 Maret 1847 di Edinburgh, Scotlandia, dan mendapatkan pendidikan di Universitas Edinburgh dan London. Kemudian tahun 1870 beliau pindah ke Amerika pada tahun 1871. Di Amerika, beliau mengajar orang bisu dan tuli dan mempolulerkan bahasa visual. Sistem bahasa visual tersebut sebelumnya di kembangkan oleh ayahnya Alexander Melville Bell, dimana bibir, lidah dan tenggorokan digunakan dalam menggambarkan suara.

Sejak berusia 18 tahun, Beliau telah melakukan penelitian mengenai cara bagaimana mengirimkan dan mentransfer perkataan. Pada tahun 1874, saat mengerjakan telegraph, Beliau mengembangkan unsur dasar bagi telephone. Penelitian dan percobaan yang di lakukan bersama asistennya Thomas Watson akhirnya menghasilkan keberhasilan pada tanggal 10 Maret 1876, saat itu kata yang ditransmit pertama kalinya adalah "Watson, come here; I want you" (Watson, datanglah kemari, aku membutuhkanmu). Serangkaian demonstrasi penggunaan telephone hasil penemuan Beliau, telah memperkenalkan telephone keseluruh penjuru dunia yang di laksanakan oleh Perusahaannya, Bell Telephone Company pada tahun 1877.

3. Albert Einstein

Albert Einstein adalah seseorang keturunan Yahudi. Einstein di lahirkan pada tanggal 14 Maret 1879 di kerajaan Wuttemberg yang masih berada pada wilayah kerajaan Jerman. Keluarga Einstein termasuk keluarga yang sederhana. Ayahnya Hermann Einstein bekerja sebagai penjaja ranjang bulu yang kemudian beralih profesi menjadi ahli elektrokimia. Keluarga terutama ayahnya sangat tertarik dengan sesuatu yang berbau sains. Einstein pada masa sekolah merupakan murid yang terbelakang dan nilai akademiknya sering kali tidak bagus, tetapi hal ini bukan di sebabkan karena Einstein bodoh tetapi karena Einstein memang mempunyai pandangan dan pemikirannya sendiri mengenai pelajaran di sekolah dan hal ini di luar dari teori formal maupun apa yang telah di ajarkan oleh gurunya.

Albert Einstein merupakan Ilmuwan yang sangat terkenal. Beliau banyak menciptakan karya yang luar biasa serta merupakan orang yang banyak menyumbang dalam dunia ilmu pengetahuan. Salah satu temuannya yang paling terkenal adalah rumus relativitas. Pada teori relativitas khusus ini menerangkan bahwa jika suatu benda yang bermassa (m) di beri kecepatan cahaya (c) pangkat dua (kuadrat) akan dapat menghasilkan energi yang begitu besar. Dengan kata lain 1 gram massa (m) dapat menghasilkan energi untuk memasok kebutuhan listrik sekitar 2.700.000 watt selama setahun. Daya listrik sebesar ini dapat memasok rumah dengan daya 900 watt sebanyak 3000 rumah dalam setahun. 

4. Thomas Alva Edison 

Thomas Alva Edison merupakan salah satu penemu terbesar dalam sejarah yang berasal dari Amerika. Thomas Alva Edison telah mempatenkan sekitar 1.093 hasil penemuannya, termasuk Gramphone, Kamera film dan bola lampu listrik. Dari ketiga penemuan besarnya tersebut, Beliau juga berhasil membangkitkan industri-industri besar bagi industri listrik, industri rekaman dan industri film yang mempengaruhi perkembangan dunia.

Pada masa kecilnya, Edison hanya bersekolah resmi selama tiga bulan, setelah itu ibunya sendiri yang memberikan pendidikan di rumah untuk Edison. Edison sangat senang membaca buku-buku dan mempelajari sesuatu. Dari semua yang telah di baca dan di pelajari, Edison sering menerapkannya ilmunya dengan bereksperimen di Laboratorium keci yang di buat dari uang hasil kerjanya, Edison hanya tidur 4 jam dalam sehari dan terus melakukan percobaan sampai percobaanya tersebut mengahsilakan penemuan yang memuaskan baginya. Kerja keras adalah kunci dari semua karya yang di ciptakannya.

5. James Watt

James Watt merupakan Insinyur besar Scotlandia, Britania Raya yang berhasil menciptkan mesin uap dan dengan mesin uapnya ini merupakan salah satu pendorong terjadinya revolusi industri. Untuk mengapresiasi jasanya, maka nama belakangnya yaitu Watt di jadikan sebagai sebutan bagi nilai dari satuan daya mesin dan daya listrik. James Watt merupakan pria kelahiran Greenoeck, Scotlandia pada tanggal 19 Januari 1736.

Keberhasilan Pertamanya pada tahun 1769 adalah penambahan ruang terpisag yang di perkokoh. Beliau juga membuat isolasi pemisah untuk mencegah menghilangnya panas pada mesin silinder uap. Beliau juga berhasil menemukan mesin ganda. Dengan perbaikan kecil, pembaruan ini berhasil meningkatkan efisiensi mesin uap dengan empat kali lipat atau lebih. Hasil peningkatan ini merupakan hasil suatu kecerdasan bagi dunia industri. Setelah itu pada tahun 1981 Watt juga berhasil menciptakan seperangkat gerigi untuk mengubah gerak balik mesin, sehingga dapat bergerak berputar. Dengan alat ini Watt berhasil meningkatkan secara besar-besaran penggunaan mesin uap. Pada tahun 1788 Watt juga berhasil menciptkan pengontrol gaya gerak melingkar otomatis yang meningkatkan kecepatan mesin. Dengan penemuan-penemuan dan hasil ciptaannya Watt di sebut sebagai tokoh kunci pembuka revolusi industri.

Demikian informasi mengenai para penemu yang mengubah dunia yang ciptaannya sangat berguna dan banyak di butuhkan oleh banyak orang untuk membantu aktivitas kehidupannya sehari-hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan semoga kita dapat mengkuti jejak-jejak mereka yang membanggakan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. THW Global Link - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger